in

Ini Dia Risiko dari Pinjol Tidak Dibayar yang Sebaiknya Dihindari

Pinjol Tidak Dibayar
Foto: Istimewa

Pinjol tidak dibayar pastinya memiliki risiko. Risikonya bisa dari yang ringan hingga berat bahkan bisa saja sampai masuk penjara. Hutang sama halnya dengan janji untuk itu harus lunas, termasuk saat utang di pinjol.

Pinjol Tidak Dibayar
Foto: Istimewa

Risiko dari Pinjol Tidak Dibayar

Pinjaman online sendiri ada dua yakni pinjaman legal dan ilegal. Untuk pinjaman ilegal kita tidak akan tahu risikonya seperti apa. Mengingat peraturan yang mereka buat tidak memiliki landasan yang jelas.

Bahkan mungkin saja sebelum jatuh tempo debt collector akan mendatangi kita. Untuk itu pastikan memilih pinjaman yang legal agar kita tahu dengan jelas bagaimana alurnya. Nah, berikut ini akan kita bahas risiko dari pinjaman yang dibayar.

Denda

Hal pertama yang bisa kamu dapat jika tidak membayar pinjaman dengan tepat waktu adalah denda. Dengan adanya denda ini pasti akan membuat pinjamanmu semakin banyak. Bahkan bisa saja berlipat ganda dan jauh dari kemampuanmu untuk bisa membayar.

Bunga

Bukan hanya denda, bunga pun kemungkinan juga akan mengalami kenaikan. Jika kamu mendapat denda dan bunga yang semakin tinggi, jumlah pinjaman pun akan menjadi sangat bengkak. Pinjaman yang tadinya menjadi penolong malah akan menjadi bumerang untuk kita.

Kejaran Debt Collector

Kejaran debt collector menjadi momok yang cukup menakutkan. Karena, biasanya mereka akan datang dengan wajah yang tidak ramah dan mungkin akan melakukan sedikit paksaan. Selain membuat kita takut pastinya juga akan membuat kita malu.

Blacklist

Nah, blacklist ini menjadi sesuatu yang cukup merugikan. Mengingat kita akan sangat sulit untuk bisa mendapatkan pinjaman di platform tersebut bahkan di tempat lain. Mengingat OJK sifatnya nasional, jadi data kamu pastinya masuk data nasional.

Penjara

Jika kamu masih tetap tidak bisa membayar pinjaman online, penjara menjadi pilihan terakhir. Nah, hal ini pastinya menjadi hal yang sangat merugikan. Nama baik hilang, memiliki catatan buruk, dan lain sebagainya.

Nah, itulah risiko dari pinjol tidak dibayar. Jadi, pastikan untuk membayar cicilan dengan tepat waktu. Pastikan kamu hanya meminjam untuk memenuhi kebutuhan saja, jangan sampai hanya untuk memenuhi gengsi semata.

Pinjaman Online Web

Ini Dia Rekomendasi Pinjaman Online Web yang Bisa Dicoba

Aplikasi Pinjaman Online Syariah

Aplikasi Pinjaman Online Syariah Legal dan Terdaftar di OJK