in

Pinjol Legal 2023 Ternyata Ceknya Mudah Begini Panduannya

Pinjol Legal 2023
unsplash.com

Pinjol legal 2023 menjadi alternatif demi meningkatkan kualitas hidup. Pinjol legal biasanya menawarkan pinjaman dengan bunga murah.

Melihat minat masyarakat yang semakin besar, membuat penyedia pinjol berlomba-lomba menyediakan layanan terbaik. Bangkit dari keterpurukan pandemi Covid019, masyarakat mulai tergerak kembali mengejar peluang roda perekonomian yang tertinggal.

Pinjol Legal 2023
unsplash.com

OJK adalah lembaga keuangan independen yang dibuat dengan tujuan menjamin aktivitas keuangan di Indonesia. Sebagai penyelenggara sistem dan pengawasan di ranah finansial, OJK memiliki peran menerbitkan legalitas pinjaman-pinjaman online legal.

Keberadaan pinjaman online di tengah-tengah masyarakat begitu dekat. Inilah yang membuat masyarakat sulit membedakan mana pinjol legal dan ilegal.

Padahal, tentunya tidak ingin terjebak pinjol ilegal atau abal-abal bukan? Sebenarnya, ada trik jitu untuk mengetahuinya. Anda bisa mengikuti langkah-langkah sederhana untuk memastikan legalitas penyedia pinjol legal 2023 berikut ini.

Cek Logo OJK

Ini adalah cara termudah. Cek apakah dalam aplikasinya mencantumkan logo OJK atau tidak. Namun, cara ini tidak selalu menjadi jaminan legalitas pinjaman online.

Terbukti masih saja ada pinjol ilegal yang menyertakan logo tersebut di aplikasinya. Padahal pinjol tersebut tidak terdaftar OJK.

Website Resmi OJK

Laman OJK juga bisa mengecek legalitas pinjol. Anda bisa mengaksesnya laman resmi OJK, yakni www.ojk.go.id/id/kanal/iknb/financial-technology/Default.aspx. 

OJK juga memiliki alamat web www.ojk.go.id. Untuk menampilkan daftar pinjol legal OJK 2023, silakan klik IKNB, kemudian klik opsi Fintech.

Panggilan Langsung 

Bila butuh balasan secepatnya, maka bisa menghubungi kontak 157. Pastikan Anda menghubungi kontak resmi OJK pada jam kerja, yakni Senin sampai Jumat pada pukul 07.45 WIB – 16.00 WIB. Layanan walk in kontak OJK ini tak berbayar.

Via Email

Mengecek pinjol legal resmi OJK juga bisa melalui email resmi OJK. Kirim pesan email ke alamat [email protected].

Melalui WhatsApp

Paham bahwa WhatsApp adalah media perpesanan yang banyak diakses masyarakat, OJK pun menyediakan nomor WA resmi. Jadi, tinggal menggunakan seperti WA pada umumnya.

Ketik nama pinjol yang hendak Anda ketahui legalitasnya ke nomor 081 157 157 157. Tunggu hingga pihak OJK mengirim balasan.

Dengan mengetahui cara cek pinjol legal 2023, masyarakat bisa terlepas dari jerat hutang pinjol ilegal. Kedepannya, membuat pinjol ilegal jera melakukan aksi mereka.

Pinjol Legal OJK Bulanan

Pinjol Legal OJK Bulanan Lebih Tenang Melunasi Pinjaman

BSI Pinjaman Online

BSI Pinjaman Online 100% Bebas Riba Selamanya