in

Pinjaman PNM Mekar Online Layanan Pembiayaan Usaha Wanita

Pinjaman PNM Mekar Online
freepik.com

Pinjaman PNM mekar online merupakan platform penyedia dana tunai bagi kaum perempuan prasejahtera yang memiliki usaha berbasis ultra mikro. Menariknya, baik bagi yang baru memulai maupun yang bertekad mengembangkan usaha, berpeluang mendapatkan pinjaman dana PNM Mekar sebagai tambahan modal.

UMKM bukan hanya sekedar melakukan bisnis, tetapi telah menjadi tren positif. Fokus pada usaha mikro menengah terbukti mampu menyerap tenaga kerja lebih optimal.

Di sisi lain, tren usaha ini membantu pemerintah mengurangi jumlah pengangguran. Wajar apabila UMKM seharusnya mendapatkan perlakuan khusus.

Perkaranya terletak pada suntikan dana, dan sebagai solusinya, hadirlah PNM Mekar. Kebanyakan pelaku UMKM justru dari kalangan ibu rumah tangga.

Pinjaman PNM Mekar Online
freepik.com

Seputar Pinjaman PNM Mekar Online

Tren pinjaman online menambah semangat para pelaku usaha untuk mengembangkan bisnis mereka. Maraknya berbagai usaha sektor kecil menengah mendorong tren pinjaman dana tunai menjadi lebih ramai peminat. Terlebih lagi platform pinjol menawarkan kemudahan. 

Pernahkah Anda mendengar Apa itu PNM Mekar?

PNM Mekar merupakan kependekan dari Permodalan Nasional Madani Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera. Layanan permodalan ini memberikan pendampingan serta pelayanan usaha secara berkelompok. 

Pinjaman ini sebenarnya menguntungkan karena tidak mengharuskan anggota kelompok setor agunan. Konsekuensinya, penagihan pembayarannya menerapkan sistem tanggung renteng.

Artinya, saat ada anggota yang mengalami gagal bayar, otomatis menjadi tanggungan anggota lainnya dalam satu kelompok. Dengan adanya sistem tanggung renteng, sebaiknya pilih pengurus yang tegas dan bertanggung jawab.

Sistem penagihan pembayaran ini terbilang efektif. Jika Anda sebagai salah satu pengurus, pastikan sudah mengetahui latar belakang calon anggota dengan baik, sehingga kedepannya tidak merepotkan.

Hingga akhir 2021, pinjaman PNM Mekar online telah menyalurkan dana sebesar Rp 46,44 triliun. Layanan permodalan resmi ini telah tersebar di 5.735 kecamatan dan memiliki 2.985 kantor layanan.

Syarat Pengajuan Pinjaman Modal

Seperti penjelasan awal bahwa syarat mengajukan PNM Mekar sangat mudah. Persyaratan tersebut meliputi perempuan pra sejahtera yang memiliki usaha (pelaku UMKM), berusia minimal 18 tahun dan maksimal 55 tahun, E-KTP, fotokopi identitas diri, dan dokumen agunan.

Selain itu, ada kesanggupan membayar setoran rutin. Bila persyaratan sudah lengkap, tinggal melakukan proses pengajuan pinjaman di PNM Mekar via online. Cukup mengandalkan situs resmi dan android milik Anda.

Panduan Pengajuan Pinjaman

Nah, sebagai panduan mengajukan pinjamannya, silakan simak tutorial berikut ini. Dikemas dengan bahasa sederhana sehingga Anda langsung bisa menerapkannya.

  • Silakan buka aplikasi pinjaman PNM Mekar setelah mengunjungi situs resminya.
  • Lalu, isilah formulir pengajuan pinjaman, lengkap dengan data diri dan informasi usaha.
  • Unggah dokumen-dokumen persyaratan dengan benar. Siapkan e-KTP, NPWP, dan surat izin usaha.
  • Masuk ke tahap verifikasi dan persetujuan, tunggulah beberapa saat. 
  • Cek email dan SMS milik Anda, apakah ada notifikasi yang masuk dari pihak manajemen. Ini bila permohonan kredit mendapat persetujuan.

Nah, tinggal mencairkan dana pinjaman tersebut.

Manfaat Meminjam di PNM Mekar

Besar pinjaman PNM Mekar online adalah Rp2.000.000 hingga Rp5.000.000. Jumlah tersebut akan bertambah tergantung riwayat pinjaman Anda sebelumnya. Sedangkan suku bunga pinjaman 25% per tahun.

Berikut merupakan manfaat meminjam dana dari PNM Mekar.

  • Dapat meningkatkan pengelolaan keuangan usaha.
  • Menanamkan budaya menabung.
  • Pendampingan kompetensi kewirausahaan dan pengembangan bisnis.
  • Mendapatkan layanan pembiayaan modal tanpa setor agunan.

Ingin mendapatkan pinjaman PNM Mekar online? Bergabunglah jika benar-benar membutuhkan suntikan dana untuk memajukan bisnis yang Anda jalankan. Pastikan tertib administrasi pembayaran sehingga tidak menyulitkan anggota kelompok Anda.

Pinjaman Online Modalku

Layanan Produk Pinjaman Online Modalku untuk UMKM

Peraturan OJK tentang Gagal Bayar Pinjaman Online

Peraturan OJK tentang Gagal Bayar Pinjaman Online Penting