in

Jenis-Jenis Pinjaman Online, Ketahui Perbedaan dan Contohnya

Jenis-Jenis Pinjaman Online, Ketahui Perbedaan dan Contohnya
Pexels.com

Kemajuan teknologi digital kini memunculkan berbagai jenis transaksi fintech, tidak terkecuali pinjaman online. Mungkin belum banyak yang menyadari bahwa ada beberapa jenis-jenis pinjaman online. Jenis ini membedakan antara tujuan pinjaman dengan para pengguna dananya.

Jenis-Jenis Pinjaman Online, Ketahui Perbedaan dan Contohnya
Pexels.com

Jenis-Jenis Pinjaman Online, Ketahui Perbedaannya

Pada dasarnya, semua jenis pinjaman memberikan kemudahan dalam akses dana keuangan kepada para peminjamnya. Selain itu, pinjaman ini sama-sama dilakukan secara online. Namun, ada beberapa hal yang membedakannya.

Memiliki sebutan yang sama bukan berarti tujuan pendanaannya juga sama. Ada 3 jenis pinjaman online yang populer dan banyak masyarakat manfaatkan. Berikut ini penjelasan lebih lengkap beserta dengan rekomendasi aplikasi sesuai dengan jenisnya.

Pinjaman Online Tunai

Jenis yang pertama ini seringkali kita temukan dan cukup umum masyarakat gunakan. Kebutuhan sehari-hari semakin meningkat, berbanding terbalik dengan pemasukan setiap bulannya. Hal ini yang membuat sejumlah orang memilih untuk mengandalkan pinjaman demi memenuhi kebutuhan.

Selain untuk kebutuhan harian, jenis ini juga dimanfaatkan untuk keadaan darurat. Karena, dana yang diajukan dapat langsung cair ke bank sesuai pengajuan. Sehingga peminjam bisa langsung menggunakannya. Proses pengajuan dan pencairan cukup cepat, yakni kurang dari 24 jam.

Meskipun bisa peminjam dapatkan dengan cepat, nyatanya jenis pinjaman ini menyediakan plafon dana sangat terbatas dengan tenor pendek. Hal tersebut menjadi salah satu cirinya. Jadi, apabila menemukan pinjol dengan plafon dana terbatas dan tenor pendek, pinjaman tersebut masuk dalam pinjaman online tunai.

Pinjaman Online Usaha

Jenis-jenis pinjaman online yang selanjutnya ini dapat membantu para pelaku usaha yang membutuhkan suntikan dana. Sebenarnya, jenis pinjaman ini dan yang sebelumnya termasuk sama. Hal yang membedakan keduanya adalah jumlah plafon dana dan tenor pinjaman.

Pinjaman online usaha ini biasanya menawarkan jumlah plafon dana besar dengan tenor panjang. Hal ini sesuai dengan kebutuhan para pelaku usaha untuk mengembangkan usahanya. Langkah dengan pinjaman online ini lebih cepat dan mudah bisa menjadi solusi bagi pengusaha yang tidak ingin ribet meminjam ke bank.

Persyaratan yang dibutuhkan cukup fleksibel, hanya berupa KTP, rekening koran, dan surat legalitas usaha. Beberapa platform mungkin akan menawarkan pinjaman menggunakan maupun tanpa agunan.

Peer-to-Peer Lending

Cukup berbeda dengan dua jenis sebelumnya, P2P Lending ini merupakan aplikasi sebagai wadah yang menghubungkan kreditur dengan debitur. Singkatnya, peminjam dapat mengajukan pinjaman langsung secara individu kepada kreditur dan tidak terdapat perantara berupa lembaga keuangan.

Perusahaan P2P Lending hanya sebagai penghubung tempat kedua belah pihak sama-sama bersepakat dan mendapatkan manfaat. Nantinya, kreditur akan mendapatkan suku bunga kompetitif dan debitur mendapatkan imbal hasilnya.

Jenis-jenis pinjaman online yang satu ini banyak menawarkan pinjaman untuk kebutuhan usaha. Meskipun ada sejumlah platform yang juga menawarkan pinjaman untuk kepentingan pribadi.

Rekomendasi Aplikasi Pinjaman Online

Ada sejumlah rekomendasi aplikasi pinjol sesuai dengan jenisnya yang bisa menjadi referensi.

Pinjaman Online

  • Julo
  • Kredit Pintar
  • EasyCash
  • Finmas

Pinjaman Online Usaha

  • Modalku
  • Koinworks
  • Indodana
  • Lumbung Dana
  • KTA Ok Bank

P2P Lending

  • Investree
  • Danamas
  • Findaya
  • Akseleran
  • Amartha

Alangkah baiknya untuk melakukan pinjaman sesuai kebutuhan, bukan keinginan. Teliti kembali aplikasi pinjaman yang akan dipilih sebelum mengajukan pinjaman. Karena, pinjaman adalah tanggung jawab dan hanya kita yang bisa mencegah sebelum terjebak pinjol bodong.

Itulah 3 jenis-jenis pinjaman online yang wajib dipahami sebelum mengajukan pinjaman di aplikasi pinjol. Ketiga jenis pinjaman ini bisa menjadi pilihan sesuai dengan kebutuhan. 

Pinjaman Online Danamerdeka, Pendanaan untuk Pemilik Usaha

Pinjaman Online Danamerdeka, Pendanaan untuk Pemilik Usaha

Pinjaman Online Pasti Cair

Pinjaman Online Pasti Cair dan Terjamin Keamanannya