in

Marak Praktik Jasa Joki Pinjol, Begini Cara Menghindarinya

Marak Praktik Jasa Joki Pinjol, Begini Cara Menghindarinya
harianhaluan.com

Jasa joki pinjol merupakan tren yang semakin marak di berbagai platform media sosial dalam beberapa waktu terakhir. Trend ini masih terkait dengan layanan pinjaman online, yang sering menjadi alternatif bagi masyarakat untuk mengatasi masalah keuangan mereka.

Pinjaman online, atau fintech lending, adalah bentuk pinjaman yang dapat diakses secara daring melalui aplikasi atau situs web. Namun, seringkali timbul masalah ketika seseorang mencoba mengajukan pinjaman secara online. Inilah tempat dimana joki pinjol hadir untuk memberikan bantuan.

Pengertian Jasa Joki Pinjol 

Joki pinjol didefinisikan sebagai individu atau kelompok yang menawarkan layanan untuk mengajukan pinjaman uang melalui platform pinjol.

Umumnya, para joki pinjol mempromosikan layanan mereka di media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan Telegram, serta dapat menghubungi calon peminjam melalui pesan singkat (SMS) dan WhatsApp.

Mereka biasanya menargetkan individu yang membutuhkan pinjaman uang mendesak namun memiliki riwayat kredit yang buruk, seperti gagal membayar pinjaman sebelumnya, terperangkap dalam utang pinjol, atau telah terdaftar sebagai wanprestasi oleh perusahaan pinjol akibat gagal bayar.

Bahaya dari Joki Pinjol 

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengingatkan masyarakat untuk tidak menggunakan jasa joki pinjol, terutama yang mengaku mewakili Menteri Keuangan. Menggunakan joki pinjol dapat menimbulkan berbagai kerugian yang signifikan.

Joki pinjol biasanya menarik korban dengan janji-janji mudahnya mendapatkan pinjaman dengan proses cepat, bahkan untuk jumlah yang besar. Untuk meyakinkan calon peminjam, mereka seringkali menampilkan tangkapan layar yang menunjukkan bahwa pinjaman tersebut berhasil dicairkan.

Apabila calon peminjam tergiur dan bersedia bekerjasama dengan joki pinjol, mereka akan mendaftarkan calon peminjam ke penyedia pinjol ilegal. Akibatnya, data pribadi calon peminjam dapat disalahgunakan, bunga pinjaman meningkat secara drastis, dan akhirnya mereka bisa terjebak dalam lingkaran utang yang sulit untuk keluar.Selain itu, penagihan oleh para joki pinjol seringkali kasar, penuh ancaman, dan melanggar hukum.

Cara Menghindar dari Joki Pinjol 

Terdapat beberapa langkah untuk menghindari jasa joki pinjol.

  1. Menolak Tawaran 

Joki pinjol terampil dalam membujuk calon korban untuk memanfaatkan layanannya. Cara teraman untuk menghindari joki pinjol adalah dengan menolak tawaran mereka dari awal. Jika Anda menerima pesan melalui SMS atau platform lainnya, sebaiknya segera menghapusnya. Hindari membaca pesan tersebut agar Anda tidak tergoda oleh rayuan joki pinjol.

  1. Menggunakan Pinjol Legal 

Untuk menghindari joki pinjol, pastikan Anda hanya menggunakan layanan pinjol yang legal dan terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Menurut informasi dari laman pasarmodal.ojk.go.id, ciri-ciri layanan pinjol legal meliputi:

  • Tidak menawarkan via komunikasi pribadi.
  • Transparansi mengenai bunga dan biaya pinjaman.
  • Identitas pengelola dan alamat kantor yang jelas.

Menyepakati Pembayaran Tepat Waktu 

Melakukan pembayaran utang sesuai jadwal dapat membantu menghindari denda bunga pinjaman yang dapat membesar. Dengan cara ini, Anda tidak akan terdaftar sebagai wanprestasi oleh perusahaan pinjol, sehingga Anda bisa mengajukan pinjaman lagi tanpa perlu bantuan dari joki.

Bagaimana Jika Sudah Menggunakan Jasa Joki Pinjol 

Bagi Anda yang sudah menggunakan joki pinjol, berikut adalah beberapa tindakan agar tidak semakin terjerumus.

  1. Rutin Periksa Saldo Pinjaman 

Selalu periksa saldo pinjaman Anda secara teratur dan pastikan bahwa jumlahnya sesuai dengan transaksi yang telah Anda lakukan. Disiplin dalam membayar utang juga akan membantu agar pinjaman Anda dapat lunas lebih cepat, menghindari risiko gagal bayar, serta mengurangi pengeluaran tambahan akibat bunga yang tinggi.

  1. Hati-hati dengan Tawaran Pinjaman Bunga Rendah 

Ketika berurusan dengan uang, termasuk pinjaman dan investasi, tawaran yang terlalu menggiurkan seringkali menimbulkan masalah tersembunyi. Tawaran bunga rendah harus selalu diwaspadai. Pastikan Anda memeriksa semua biaya tambahan yang mungkin ada saat mengajukan pinjaman.

  1. Jangan Percaya dengan Joki Pelunasan 

Hindari terjebak dalam penawaran dari joki pelunasan. Jangan mudah percaya pada layanan yang menjanjikan untuk membantu melunasi utang, karena hal ini dapat menyebabkan penambahan utang baru.

  1. Laporkan ke Pihak Berwenang jika Merasa Tertipu 

Jika Anda merasa telah menjadi korban penipuan, jangan ragu untuk melaporkan hal ini kepada pihak berwenang, dan pastikan Anda memiliki bukti yang cukup untuk mendukung laporan Anda. 

Tidak perlu merasa malu, karena melaporkan tindakan penipuan jasa joki pinjol penting untuk melindungi diri dan masyarakat dari praktik ilegal.

Cara Pinjam Uang di Shopee

Cara Pinjam Uang di Shopee Produk SPinjam yang Aman

Pinjaman Online Ethis

Pinjaman Online Ethis Syariah UMKM dan Proyek Properti