in

Ciri-ciri Pinjaman Online Resmi yang Berbeda dari Layanan Ilegal

Ciri-ciri Pinjaman Online Resmi
pixabay.com

Sebelum memilih untuk menggunakan layanan pinjaman dana online, ada baiknya Anda mengetahui apa saja ciri-ciri pinjaman online resmi. Dengan begitu, aktivitas pinjam-meminjam Anda akan semakin mudah dan terjamin keamanannya.

Keberadaan pinjol saat ini menjadi alternatif keuangan bagi masyarakat yang ingin memenuhi kondisi ekonomi mereka. Selain itu, permintaan masyarakat akan berbagai kebutuhan dana yang mendesak juga turut mempengaruhi keberadaan layanan kredit online ini.

Ciri-ciri Pinjaman Online Resmi
pixabay.com

Mengenal Ciri-ciri Pinjaman Online Resmi

Maraknya layanan pinjaman online sekarang ini, menjadi kesempatan tersendiri oleh para oknum-oknum tidak bertanggung jawab untuk menyediakan layanan pinjol ilegal. Layanan pinjaman online abal-abal, biasanya akan menawarkan berbagai kemudahan pinjaman yang menggiurkan.

Tawaran pinjol ilegal biasanya berupa pesan singkat yang bersifat spamming pada salah satu aplikasi perpesanan Anda. Apabila Anda mendapat tawaran seperti kasus tersebut, sebaiknya abaikan atau hapus penawaran tersebut.

Karena mungkin saja itu semua adalah awal kasus yang menjerat Anda dengan berbagai kasus pinjol yang merugikan. Tak jarang pula sebagian dari peminjam terjebak dalam perlakuan yang tidak etis bahkan hingga teror meresahkan.

Oleh karena itu, pengetahuan seputar ciri-ciri pinjol legal ini perlu diketahui dengan baik dan benar oleh masyarakat. Dengan begitu mereka dapat menggunakan layanan ini sebagai pendanaan finansial dengan aman dan mudah.

Adapun beberapa ciri dari pinjaman online legal atau resmi adalah sebagai berikut:

Legalitasnya Terbukti dan Terdaftar pada Lembaga Keuangan OJK

Adanya legalitas yang pasti dan terdaftarnya lembaga pinjaman online pada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menjadi ciri-ciri pinjaman online resmi. OJK sendiri merupakan lembaga keuangan milik negara yang berperan melakukan penyidikan, pemeriksaan serta pengawasan terhadap berbagai kegiatan dalam sektor keuangan, tak terkecuali pinjaman online.

Anda dapat melakukan pinjaman dana pada layanan pinjol yang sudah terdaftar secara resmi di OJK ini. Dengan begitu, jaminan keamanan yang Anda dapatkan dalam peminjaman tersebut lebih tinggi.

Anda dapat melakukan pengecekan legalitas lembaga pinjol yang akan Anda gunakan pada situs resmi milik OJK.

Kejelasan Alamat Kantor Penyedia Pinjaman

Lembaga pinjaman online legal atau resmi, tidak akan ragu untuk menyertakan alamat yang menjadi lokasi pasti kantornya. Selain itu, mereka juga akan menyertakan situs dan juga media sosial resmi yang mereka sediakan.

Kelengkapan aspek-aspek tersebut memiliki tujuan untuk menjadi acuan para nasabah nantinya. Mereka dapat meyakini bahwa lembaga pinjol yang akan mereka gunakan legal secara hukum dan terpercaya.

Selain itu, kejelasan tersebut dapat menjadi acuan nasabah selama proses pinjaman, mulai dari pengajuan hingga pembayaran cicilan. Apabila terjadi kendala, nasabah dapat dengan mudah menghubungi CS yang tersedia atau berkunjung langsung ke alamat kantor yang tertera.

Adanya Kepemilikan Situs atau Website Resmi

Ciri-ciri pinjaman online resmi berikutnya adalah tersedianya situs atau website resmi dari penyedia pinjaman online itu sendiri. Hal ini berguna untuk memudahkan para debitur untuk mengakses berbagai informasi yang mereka perlukan sebelum mengajukan pinjaman.

Mereka juga dapat dengan mudah memahami produk pinjaman apa saja yang disediakan oleh layanan pinjol itu sendiri.

Pemberlakuan Suku Bunga yang Wajar

OJK telah menentukan besaran suku bunga yang harus diterapkan oleh lembaga pinjol resmi yaitu sebesar 0,4% per hari.

Ketika Anda mendapati penawaran besaran suku bunga yang melebihi dari ketentuan tersebut, segera tinggalkan dan cari pinjaman online yang lain.

Itulah ciri-ciri pinjaman online resmi yang dapat Anda gunakan sebagai acuan sebelum mengajukan pinjaman dana pada sebuah lembaga fintech. Jangan lupa untuk selalu mencermati ciri-ciri tersebut agar Anda bisa mendapatkan layanan pinjaman online dengan jaminan keamanan yang tinggi.

Pinjaman Online Bunga Rendah

Pinjaman Online Bunga Rendah Alternatif Pendanaan yang Mudah

Cara Menghindari Penipuan Pinjol

Cara Menghindari Penipuan Pinjol dengan Langkah Sederhana