in

Cara Menghindari Penipuan Pinjol dengan Langkah Sederhana

Cara Menghindari Penipuan Pinjol
pixabay.com

Cara menghindari penipuan pinjol menjadi penting untuk Anda ketahui sebelum memulai untuk menggunakan layanan finansial ini. Platform pinjol sendiri banyak menjadi alternatif oleh masyarakat karena keseluruhan mekanismenya mudah dan singkat.

Sayangnya, sebagian masyarakat lainnya belum banyak memiliki pemahaman yang mendalam seputar dunia pinjaman online. Bahkan banyak dari mereka yang menggunakan layanan ini tanpa memiliki pemahaman yang baik dan benar.

Cara Menghindari Penipuan Pinjol
pixabay.com

Beberapa Cara Menghindari Penipuan Pinjol

Kebutuhan harian manusia yang kian meningkat, mengharuskan mereka untuk terus mencari cara agar dapat memenuhinya. Layanan pinjaman online menjadi salah satunya. Kehadiran jasa fintech atau pinjol ini kian marak, lantaran berhasil memenuhi permintaan pasar terkait pemenuhan biaya hidup yang sedemikian rupa.

Namun, bertambahnya layanan penyedia kredit online ini mempengaruhi berbagai modus penipuan pinjaman online yang meresahkan masyarakat. Hingga kini, modus penipuan pinjol telah menelan banyak korban bahkan beberapa diantaranya terjerat kasus yang mengkhawatirkan.

Hal tersebut juga membuat layanan kredit yang satu ini selalu mendapatkan stigma negatif oleh masyarakat. Mereka mengklaim bahwa layanan pinjol ini hanya akan mendatangkan berbagai kasus merugikan dan berbahaya untuk digunakan.

Agar terhindar dari kasus penipuan atau kekhawatiran yang tak berujung tersebut, terdapat sejumlah cara yang perlu menjadi perhatian sebelum menggunakan layanan finansial ini. Berikut beberapa cara menghindari penipuan pinjol dengan benar:

Analisa Latar Belakang Penyedia Jasa Pinjaman Online

Cara pertama, Anda dapat mencoba untuk mengecek latar belakang dari penyedia jasa pinjaman online melalui jaringan internet. Anda dapat menganalisa kredibilitas serta legalitas dari layanan tersebut lebih mendalam.

Selain itu, jangan lupa untuk mengecek jejak digital juga profil penyedia pinjaman online terlebih dahulu sebelum memilih untuk mengajukan pinjaman dana pada layanan tersebut.

Umumnya, lembaga pinjol yang kredibel senantiasa menjaga nama baiknya sehingga mudah bagi Anda untuk menemukan identitas serta profilnya.

Bila memungkinkan, Anda juga dapat mencoba untuk menghubungi nomor telepon yang tertera untuk menanyakan lebih lanjut terkait produk pinjaman mereka. Anda juga dapat mengecek legalitasnya melalui website resmi Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Kenali Syarat dan Ketentuan Layanan dengan Teliti

Cara menghindari penipuan pinjol berikutnya, Anda dapat memastikan kejelasan dari syarat dan ketentuan untuk dapat melakukan pengajuan pinjaman pada layanan tersebut. Perlu Anda ketahui, input data pribadi dan persyaratan seperti KTP sampai BI Checking, biasanya tidak hanya melalui pesan singkat. Melainkan mereka akan mengarahkan Anda untuk melengkapinya melalui aplikasi atau website resmi perusahaan penyedia kredit online itu sendiri.

Meski demikian, layanan pinjaman dana online ini tetap memerlukan verifikasi dan ketentuan bagi para calon peminjamnya. Sehingga tidak akan mudah bagi mereka untuk langsung menerima debitur begitu saja.

Ketahui Lebih Lanjut Terkait Mekanisme Pinjaman

Meskipun terkenal karena penawaran berbagai kemudahan untuk para peminjamnya, pinjaman online memiliki sejumlah prosedur yang serupa dengan pinjaman konvensional pada umumnya. Misalnya seperti kelengkapan data diri peminjam, formulir pendukung, dan lain sebagainya.

Intinya, pencairan dana tidak benar-benar instan atau langsung bisa Anda dapatkan begitu saja. Anda harus memiliki pemahaman terkait dengan keseluruhan tahap dalam proses agar terhindar dari jeratan kasus penipuan. Mulai dari proses survei hingga penjelasan mekanisme cicilan harus Anda ketahui dengan baik.

Cermati Sistem Pembayaran Cicilannya

Perlu Anda ingat, keseluruhan aktivitas dalam pinjaman menggunakan sistem digital. Termasuk pembayaran cicilan yang Anda lakukan setiap bulannya. Penyedia jasa akan menyediakan website atau aplikasi yang dapat memudahkan pembayaran cicilan pinjaman para debiturnya.

Pembayaran yang Anda lakukan akan langsung terhubung dengan nomor rekening resmi penyedia jasa pinjaman. Jadi, jangan pernah melakukan transfer pembayaran cicilan kepada pihak yang menghubungi Anda melalui pesan singkat atau media sosial yang mengatasnamakan lembaga penyedia pinjaman tersebut.

Itulah beberapa cara menghindari penipuan pinjol yang dapat Anda lakukan sebagai upaya perlindungan diri. Agar kedepannya layanan fintech ini dapat menghadirkan manfaat bagi debitur tanpa adanya tindak kriminal seperti penipuan dan jumlah bunga pinjaman yang tidak manusiawi.

Ciri-ciri Pinjaman Online Resmi

Ciri-ciri Pinjaman Online Resmi yang Berbeda dari Layanan Ilegal

Pinjaman Online Pemerintah

Pinjaman Online Pemerintah Solusi Pendanaan Cepat dan Aman