in

3 Cara Mengatasi Galbay Pinjol yang Perlu Anda Ketahui

3 Cara Mengatasi Galbay Pinjol yang Perlu Anda Ketahui
freepik.com

Cara mengatasi galbay pinjol perlu Anda ketahui. Lantas apa yang perlu Anda lakukan jika hal tersebut terjadi? Ketahui solusi serta risiko yang nantinya akan bisa Anda hadapi saat menunggak serta tidak membayar kredit berikut ini.

Melansir dari laman OJK, Fintech Lending atau P2P Lending atau Pinjaman Online merupakan penyelenggaraan layanan jasa keuangan guna bisa mempertemukan pemberi pinjaman dengan penerima pinjaman dalam rangka melakukan perjanjian pinjam meminjam. Hal tersebut dalam mata uang rupiah yang dilakukan dengan langsung melalui sistem elektronik.

Gagal bayar kerap kali terjadi ketika Anda akan membayar tagihan kredit. Jika menurut KBBI, gagal bayar memiliki arti tidak bisa melakukan pembayaran atau tidak bisa melunasi hutang. Lantas bagaimana cara untuk mengatasi hal tersebut jika Anda mengalami gagal bayar pinjol?

Cara Mengatasi Galbay Pinjol

Galbay atau gagal bayar menjadi salah satu resiko yang paling besar saat meminjam dana melalui pinjaman online atau pinjol. Bukan hanya ketidakmampuan dalam melunasi pinjaman, namun kinerja Anda sebagai debitur akan menjadi buruk. Maka terdapat kemungkinan masuk ke dalam daftar blacklist serta sulit dalam mengajukan pinjaman di kemudian harinya. Berikut ini solusi yang bisa Anda lakukan untuk cara mengatasi galbay pinjol menurut Tongam L. Tobing Ketua Satgas Waspada Investasi OJK yang dilansir dari ajaib.co.id.

Restrukturisasi Pinjaman

Cara mengatasi galbay pinjol yang pertama yang bisa Anda lakukan yaitu restrukturisasi pinjaman. Langkah tersebut apabila Anda memang mengalami kesulitan dalam pembayaran pokok utang beserta bunganya dengan pengajuan keringanan. Nantinya pihak dari penyedia jasa pinjaman online bisa melakukan restrukturisasi kredit dengan cara sebagai berikut.

  • Melakukan perpanjangan tenor pelunasan pinjaman
  • Mengurangi tunggakan dari bunga pinjaman
  • Mengurangi dari tunggakan pokok hutang
  • Menambah fasilitas pinjaman
  • melakukan konversi pinjaman menjadi penyertaan modal yang sementara.

Adanya perpanjangan masa kredit dengan melakukan restrukturisasi memang akan menurunkan cicilan untuk per bulannya. Namun perlu Anda ingat apabila total kewajiban akan semakin besar.

Memohon Pengurangan Bunga Pinjaman

Selanjutnya, Anda sebagai debitur juga bisa melakukan negosiasi dengan penyedia layanan jasa pinjaman online guna mengurangi bunga kredit pinjaman. Bunga kredit pinjaman yang semakin kecil bisa mengurangi jumlah pinjaman beserta bunganya. Maka akan lebih memungkinkan serta meringankan Anda untuk melunasinya.

Melapor Ke Instansi yang Berkaitan

Cara mengatasi galbay pinjol berikutnya dengan melapor ke instansi yang berkaitan. Apabila dalam proses penagihan masyarakat memperoleh perbuatan yang tidak menyenangkan, teror serta telah merugikan masyarakat dapat melaporkan kejadian tersebut ke polisi supaya bisa diambil tindakan hukum.

Tidak bisa dipungkiri, bahwa setiap hutang yang tidak segera untuk dibayar pasti akan ada konsekuensinya. Salah satu konsekuensinya yaitu terjadi penagihan yang tidak baik. Contohnya saja mendapat teror. Adapun sejumlah teror yang kemungkinan bisa terjadi mencakup panggilan telepon setiap harinya, serta membuat grup WhatsApp yang berisikan kerabat, keluarga, teman, serta atasan Anda. Teror-teror yang lainnya seperti intimidasi melalui layanan pesan singkat, kalimat caci-maki yang juga melecehkan, bisa juga dengan menyebarkan foto ke ponsel Anda yang berbau pornografi.

Anda dapat mengumpulkan semua bukti. Antara lain seperti ancaman, pelecehan, intimidasi, dan lain sebagainya. Bukan hanya lapor polisi, Anda bisa juga melaporkan fintech yang berkaitan ke Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia, Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia, atau bisa juga ke OJK.

Nah, itu tadi cara mengatasi galbay pinjol yang bisa Anda lakukan. Sebaiknya, Anda lebih selektif lagi dalam memilih pinjaman online, supaya bisa terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Pinjaman Online untuk Ibu Rumah Tangga, Mudah dan Cepat Cair

Pinjaman Online untuk Ibu Rumah Tangga, Mudah dan Cepat Cair

Dampak Positif Negatif Pinjaman Online

Dampak Positif Negatif Pinjaman Online Bagi Masyarakat