in

Cara Memilih Aplikasi Pinjaman Online Terbaik, Aman Resmi OJK

Cara Memilih Aplikasi Pinjaman Online
mwananchicredit.com

Cara memilih aplikasi pinjaman online merupakan suatu hal penting yang perlu Anda perhatikan. Dengan demikian, seseorang tidak akan mudah terjebak pada aplikasi pinjaman ilegal yang cukup berisiko.

Seiring semakin meningkatnya kebutuhan masyarakat menjadikan pinjaman online melalui fintech semakin banyak dicari.

Melalui pinjaman online menawarkan mekanisme yang cukup mudah serta proses penyetujuan yang singkat pula. Meskipun demikian, masyarakat tetap harus berhati-hati dalam melakukan pinjaman online.

Pasalnya, banyak sekali pinjaman online yang juga cukup meresahkan masyarakat. Alih-alih mendapatkan dana cepat, tetapi nasabah justru terlilit pinjaman dengan suku bunga yang tidak wajar.

mwananchicredit.com

Cara Memilih Aplikasi Pinjaman Online yang Terpercaya

Saat ini pinjaman online menjadi salah satu alternatif untuk memenuhi adanya kebutuhan mendesak. Namun tahukah Anda bahwa memiliki aplikasi pinjaman online tidak bisa sembarangan dilakukan.

Hal ini karena mengajukan kredit pinjaman online memiliki resiko yang cukup besar. Bahkan terdapat oknum nakal yang justru memanfaatkan momen tersebut untuk melakukan tindak pelanggaran.

Supaya tidak mengalami hal serupa, penting bagi Anda untuk mengetahui berbagai cara memilih aplikasi pinjaman online yang aman dan terpercaya antara lain:

Wajib Terdaftar di OJK

Untuk mengetahui legal atau tidaknya suatu perusahaan pinjaman online, maka Anda perlu mengeceknya pada situs Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Aplikasi pinjaman online legal pastinya sudah terdaftar di OJK serta mempunyai izin resmi.Apabila aplikasi tersebut telah terdaftar, maka Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakannya.

Terhitung per tahun 2021 lalu, terdapat 106 perusahaan fintech dengan aplikasi pinjol legal yang telah resmi terdaftar OJK.

Pahami Jenis Produk Pinjaman

Ketika akan mengajukan pinjaman, maka Anda perlu mengetahui berbagai jenis produk yang ditawarkan oleh aplikasi pinjaman online tersebut. Hal ini bertujuan untuk menghindari miss komunikasi di tengah jalan.

Jenis pinjaman online itu sendiri terdiri dari berbagai jenis. Ada yang tergantung dengan masa tenor, besaran dana hingga bunga pinjaman yang fintech tetapkan.

Ketahui Semua Persyaratan

Setiap kali mengajukan pinjaman online pada fintech, sebaiknya pastikan terlebih dahulu seluruh persyaratan serta ketentuan yang berlaku.

Sebab, tidak menutup kemungkinan terjadi adanya masalah bukan dari tindakan perusahaan penyedia pinjaman online.

Akan tetapi karena ketidakpahaman nasabah terkait persyaratan peminjaman. Oleh karena itu pasukan membaca dan memahami keseluruhan persyaratan peminjaman uang dengan aplikasi pinjaman online.

Coverage Area atau Cakupan Area

Selanjutnya, pilih aplikasi pinjol yang beroperasi di seluruh wilayah Indonesia. Hal ini karena terdapat sejumlah Fintech pinjaman uang online yang masih beroperasi hanya dalam beberapa kota saja.

Saat Anda memilih aplikasi pinjaman uang online dengan coverage area seluruh Indonesia, maka dapat Anda pastikan bahwa perusahaan jasa pinjaman uang online tersebut sudah masuk kedalam kategori perusahaan besar. Dengan demikian tingkat kepercayaan Anda sebagai pihak peminjam akan lebih percaya. Baik dari segi keamanan yang akan lebih terjamin.

Tenor dan Suku Bunga yang Ditetapkan Jelas dan Transparan

Dalam pengajuan pinjaman terdapat suku bunga yang harus peminjam bayarkan, baik itu pinjaman online maupun offline.

Oleh karena itu, dalam menentukan aplikasi pinjaman online yang aman dan nyaman, maka Anda harus memastikan suku bunga dan tenor yang ada.

Hendaknya besaran tenor dan suku bunga telah diinformasikan secara lebih rinci dan transparan di awal. Hal ini bertujuan supaya nasabah bisa merasa lebih aman dan tenang dalam mengajukan pinjaman uang secara online.

Jika sudah mengetahui dan memahami cara memilih aplikasi pinjaman online, maka Anda pun dapat menentukan mana aplikasi yang aman dan terpercaya untuk Anda gunakan.

Cara Hindari Pinjaman Online Ilegal

Cara Hindari Pinjaman Online Ilegal, Jangan Sampai Terkecoh

Pinjaman Online untuk Ibu Rumah Tangga, Mudah dan Cepat Cair

Pinjaman Online untuk Ibu Rumah Tangga, Mudah dan Cepat Cair