in

Cara Hindari Pinjaman Online Ilegal, Jangan Sampai Terkecoh

Cara Hindari Pinjaman Online Ilegal
Unsplash.com

Semakin berkembangnya teknologi fintech, membuat banyak penyedia jasa pinjaman online semakin menjamur. Baik pinjol yang sudah legal maupun pinjol yang ilegal. Pinjaman online yang ilegal bisa merugikan, maka Anda perlu tahu cara hindari pinjaman online ilegal.

Pinjol ini memberikan akses mudah untuk para calon peminjam. Calon peminjam hanya perlu duduk di rumah karena transaksinya bisa Anda lakukan secara digital.

Cara Hindari Pinjaman Online Ilegal
Unsplash.com

Cara Hindari Pinjaman Online Ilegal Agar Tidak Rugi

Dalam meminjam uang secara online, Anda harus tetap berhati-hati karena ada banyak oknum tidak bertanggung jawab yang mendirikan pinjol illegal dan belum terdaftar di OJK. Berikut ini beberapa hal yang bisa Anda lakukan agar terhindar dari bahaya pinjaman online illegal.

Mengecek Aplikasi dan Situs Pinjol

Situs dari pinjaman online resmi sudah pasti terdapat pada website resmi OJK dan ada serta bisa Anda download di platform resmi. Misalnya seperti di App Store dan Google Play Store. Suatu aplikasi pinjaman online yang legal umumnya memiliki tata cara yang mudah dalam penggunaannya.

Berbeda dengan aplikasi pinjaman online illegal, tata caranya lebih rumit dan untuk mendownload aplikasinya melalui link di aplikasi tertentu karena tidak terdaftar di App Store maupun Google Play Store.

Mengecek di Website Resmi OJK

Sebelum melakukan pinjaman online, cara hindari pinjaman online ilegal, ada baiknya untuk mengecek terlebih dahulu apakah aplikasi tersebut sudah ada di website resmi OJK atau belum. Kemudian pastikan juga apakah perusahaan pinjol tersebut sudah terdaftar sebagai fintech P2PL atau belum.

Jika fintech tersebut tidak ada di dalam daftar OJK, maka ada baiknya untuk mengurungkan niat Anda dalam menggunakan jasanya. Karena bisa jadi mereka merupakan pinjaman ilegal. Jangan sampai hanya karena pada logo pinjol tersebut terdapat logo OJK-nya Anda mempercayainya.  

Memastikan Rekam Jejak Digital

Untuk menghindari kemungkinan terjadinya kejadian yang tidak menyenangkan, seperti identitas pribadi bocor ke institusi ilegal. Maka ada baiknya untuk memeriksa legalitas serta rekam jejak digital pinjaman online yang akan Anda gunakan.

Anda bisa mencari tahu identitas dari pemilik dan alamat kantor layanan pinjol tersebut. Lalu lakukan perbandingan perusahaan pinjol dengan mengamati ulasan dari para pengguna aplikasi. Jika kebanyakan review positif dan ratingnya tinggi bisa jadi pinjol tersebut dapat dipercaya. 

karena hal tersebut bisa menjadi salah satu indikator keamanan dalam melakukan pinjaman secara online. Sehingga bisa terhindar dari pinjaman online ilegal.

Jangan Sampai Tergiur dengan Ajakan yang Memaksa

Cara hindari pinjaman online ilegal Anda juga harus tetap berhati-hati dengan iklan yang berisi ajakan memaksa. Pinjol ilegal biasanya menawarkan pinjamannya melalui pesan yang berisi kata-kata, angka, dan link yang memakai nomor pribadi.

Jika Anda mendapatkan pesan seperti itu, maka jangan langsung klik link tersebut dan pastikan dulu apakah aman atau tidak. Anda juga bisa segera melaporkan nomor tersebut kepada pihak berwenang.

Melihat Transparansi Bunga

Tentunya sebelum memutuskan meminjam Anda harus membaca dengan seksama dan memahami secara detail tentang syarat, ketentuan, serta kebijakan dari penyedia pinjol. Hal ini wajib Anda lakukan baik dalam pengajuan pinjaman online maupun offline.

Karena itulah Anda perlu memastikan informasi suku bunga dan tenor transparan sejak awal dari pinjaman online yang Anda pilih. Sehingga Anda bisa melakukan kalkulasi pinjaman secara mandiri.

Demikianlah beberapa cara hindari pinjaman online ilegal saat Anda hendak melakukan pinjaman online. Tetap bijak dan berhati-hati saat memilih dan menggunakan pinjaman online supaya terhindar dari pinjol ilegal. 

Tips Menggunakan Pinjaman Online Legal

Tips Menggunakan Pinjaman Online Legal Sebelum Pengajuan

Cara Memilih Aplikasi Pinjaman Online

Cara Memilih Aplikasi Pinjaman Online Terbaik, Aman Resmi OJK